Sunday, September 4, 2011

Arti Sebuah Nama

Beby Lokita Salsabila

“Hei, nama asli kamu siapa? Nama facebooknya keren banget”. Waw, mendapati pernyataan itu membuat aku kesal namun tetap bangga, hehe. Bagaimana tidak, nama asli yang aku cantumkan di jejaring sosial itu dibilang keren, meskipun memang sudah beberapa orang menganggap bahwa nama asliku hanya nama keren (samaran).

Aku bersyukur karena dizaman-nya kedua orang tuaku sudah memikirkan nama yang keren dahsyat luar biasa dan ga kuno, hehe ^.^. Aku mulai tergelitik bertanya mengenai asal muasal namaku ketika aku duduk dibangku sekolah dasar. Saat itu aku bersekolah disekolah islam, lalu salah satu guru mempertanyakan arti nama terakhirku, dengan polos aku jawab tidak tahu karena memang saat itu aku tidak tahu menahu soal arti dari namaku. Guruku pun meminta aku menanyakan arti nama terakhirku pada kedua orang tuaku, alhasil sepulang sekolah langsung tanpa basa-basi aku tanyakan makna namaku pada Ibuku.

Nama lengkapku terdiri dari 3 suku kata, kata pertama dan kedua adalah pemberian orang tuaku, kata ketika pemberian almarhumah nenekku. Ibuku bilang, pemberian nama pertama dikarenakan mereka menginginkan aku agar selalu menjadi anak yang suci tidak berdosa seperti bayi yang baru dilahirkan (meskipun salah satu huruf diganti, karena bunda khawatir anaknya diledek teman-temannya dengan sebutan hewan, hehe), kata kedua menunjukan bulan lahirku oktober dan mengartikan oktober kita dikarenakan ayah dan ibuku yang juga lahir pada bulan oktober, kata ketiga ternyata tak kalah bermakna yang merupakan nama mata air disurga, diharapkan dengan nama itu aku menjadi penghuni surga (aaammiinnn).

Dahsyat luar biasa, aku sangat berterima kasih karena mereka ternyata memikirkan pemberian nama dengan makna yang luar bisa. Meskipun begitu ketika aku SD aku sempat menyesal dikarenakan namaku yang berada diawal absen, maka ketika ada panggilan maju ke depan, sering sekali aku dipanggil lebih dulu siap atau tidak, tapi ternyata itu berdampak baik, aku harus selalu siap dengan apapun yang terjadi dalam kelas.
Aku akan selalu berusaha menjadi oktober terbaik kalian dan meminimalisir dosa untuk menjadi penghuni surga bersama kalian (aaaammmmiiinnnn ^.^)

No comments:

Post a Comment